Bedah Film The Current War



BEDAH FILM THE CURRENT WAR
Oleh : Nabila Fitmalia Putri




1.    JUDUL
The Current War (2017)

2.    SINOPSIS FILM
Film Current War menceritakan tentang kisah epik tahun 1880an yaitu persaingan antara penemu besar, Thomas Edison (Benedict Chumberbatch) dan George Westinghouse (Michael Shannon) dalam memasok tenaga listrik dimana nantinya akan memberi kekuatan pada generasi selanjutnya. Sebagai penemu yang memberikan kontribusi besar bagi dunia berkat temuannya, yaitu lampu pijar, Edison bersikukuh bahwa arus searah (DC) adalah sistem yang lebih kuat. Akan tetapi Westinghouse dibantu oleh Nikola Tesla (Nicholas Hoult) memiliki pendapat lain bahwa listrik berarus bolak-balik (AC) lah yang lebih unggul. Hal tersebut menimbulkan perselisihan hebat dari para penemu hebat dimasanya tersebut meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu mencerahkan masa depan generasi selanjutnya.

3.    ISI FILM
Film ini diawali pada tahun 1880 dimana Thomas Edison telah meluncurkan bola lampu listriknya dan telah memutuskan menggunakan Direct Current (DC) yang lebih murah dan lebih bersih daripada lampu gas tetapi jangkauannya terbatas dan mahal. Mendengar kabar itu George Westinghouse seorang pebisnis sukses dan penemu, ingin belajar lebih banyak, dan mengundang Edison untuk makan malam.

Cerita beralih kedalam kereta, dimana Edison dan keluarganya sedang bersiap-siap untuk menemui Presiden dan J.P Morgan. Untuk meminta investasi atas penemuan DC-nya. Edison menunjukkan penemuannya, yaitu mesin bicara. Mereka saling menawar, dan Edison menolaknya, karena dia tidak ingin penemuannya di jadikan senjata dan dia menganggap itu akan membunuh orang dan biadab. Setelah menolak, Edison pun pergi dan dia yakin bahwa J.P Morgan akan menghubunginya lagi. Saat perjalanan pulang, sekretaris pribadi Edison, yaitu Samuel Insull memberitahu Edison bahwa setelah ini ada janji temu dengan George Westinghouse tetapi, Edison tetap meminta keretanya berjalan dia ingin pulang, karena anak anaknya terlihat sudah kelelahan. Kereta tetap melaju, padahal George Westinghouse, istrinya, dan frank telah menunggu di persimpangan, dan menyiapkan semuanya, termasuk hadiah untuk anak-anak Edison. Padahal selama ini George Westinghouse tidak pernah mengundang tamu sebelumnya.

Keesokannya, dugaan Edison benar. Dia di telepon oleh J.P morgan, dan menyetujui investasi terhadap Arus Listrik Direct Current (DC) milik Edison. Edison pun mulai mempersiapkan semuanya untuk memberi arus listrik, untuk menerangi satu daerah ke daerah lainnya. Dia mulai dengan New York, dan dia mempresentasekannya, melihatkan hasilnya kedepan banyak orang. Dan berhasil di New york pada tahun 1882.

Saat sedang Edison sibuk mempersiapkan segala sesuatu mengenai DC dari satu daerah ke daerah lainnya, karena kejadian makan malam, George Westinghouse merasa dihina oleh Edison, Westinghouse menetapkan untuk membuktikan Alternating Current (AC) adalah teknologi yang lebih baik karena dapat bekerja pada jarak yang lebih jauh dan dengan biaya yang jauh lebih rendah. Edison dan Westinghouse bersaing untuk membuat kota-kota di seluruh Amerika Serikat menggunakan sistem mereka.

Penemu brilian Nikola Tesla tiba di Amerika Serikat dan mulai bekerja dengan Edison, tetapi kecewa dengan keengganan Edison untuk mempertimbangkan kembali ide-idenya dan untuk memenuhi apa yang menurut Tesla adalah janji keuangan yang Edison sampaikan sebagai lelucon. Tesla kemudian meninggalkan tim Edison. Edison dengan giat menjaga patennya dan menuntut Westinghouse. Mulai dari design hiram, bohlam, dynamo, semuanya tidak bisa di tuntut, karena Westinghouse menggunakan system AC, tidak sama dengan system Edison yaitu DC.

Edison mulai menunjukkan bahwa AC berbahaya dan terlibat dalam perang publisitas, dia mulai memberitahu hal-hal yang berbahaya mengenai AC kepada wartawan. Sementara Westinghouse tidak ingin membalasnya, ia tetap berdiri di belakang keunggulan teknis AC. Edison tetap mencari cara untuk menuntut Westinghouse. Ketika Edison berjuang untuk menemukan cara untuk menuntut dan membuat DC lebih terjangkau, Westinghouse berupaya untuk mendapatkan sistem AC tegangan tinggi untuk bekerja dengan motor. Namun, hasil percobaan pertamanya gagal dan ia tetap berusaha untuk mencari solusinya.

Tahun 1887, Nikola Tesla berkeliling dan mencari investasi terhadap penemuannya yang dia yakini dapat mengalahkan Edison, yaitu proyek lampu arc dengan motor AC. Namun ternyata Nikola Tesla telah ditipu oleh para investor tersebut.

Pada Edison sedang ke newyork untuk menemui J.P Morgan, disini J.P Morgan menuntut terhadap perkembangan DC yang dijalani oleh Edison. Mereka saling beriskusi, namun saat pulang ternyata Istri Edison telah meninggal, Edison sangat terpukul dan dia selalu mendengar mesin bicara dan dia selalu mengulanginya karena di dalam mesin itu ada suara istrinya.

Edison masih berusaha untuk menuntut hak paten Westinghouse tapi tidak bisa karena hak patennya sudah sah, namun dia mendapatkan saran dari seseorang untuk membuktikan bahwa arus AC Westinghouse mematikan. Mendengar saran tersebut, Edison mulai membuktikan bahwa arus AC milik Westinghouse itu berbahaya, ia melakukan percobaan melalui kuda, dan percobaan tersebut dihadiri oleh banyak wartawan dan orang orang lainnya. Dalam percobaan pembuktian yang dilakukan Edison, kuda tersebut mati, dan secara tidak langsung Edison dapat membuktikannya. Namun pembuktian tersebut hanya berlaku bagi hewan hewan percobaan Edison, tidak ada yang mati karena system AC milik Westinghouse.

Edison mendapat penawaran oleh Southwick Brown dari komisi hukuman pusat untuk membuat alat hukuman mati tahanan, untuk membuat alat hukuman mati yang terbuat dari listrik. Namun Edison tidak mau membuat alat tersebut.

Tahun 1890 Edison secara komersial menjual mesin bicaranya " The Phonograph ". Produksi mesin itu laku dan banyak diminati orang orang. Tak lama kemudian ada kejadian yang mengejutkan dimana Franklin Pope teman Westinghouse meninggal dalam kecelakaan listrik. Karena kejadian itu Westinghouse sangat terpukul dan karena itu pula orang orang takut menggunakan AC milik Westinghouse.

Keduanya menghadapi risiko keuangan yang signifikan. Westinghouse tetap berusaha dan ia menemui wartawan, ia berkata bahwa semua yang di buktikan Edison selama ini adalah penipuan. Dia mengatakan bahwa Edison berbuat seperti itu karena system Westinghouse lebih baik daripada miliknya. Dan Westinghouse tetap memilih bertahan.

Secara diam-diam Edison menyetujui dan bekerja untuk membantu para pencipta eksekusi dengan kursi listrik , meskipun sebelumnya keberatan dengan pembuatan senjata atau mesin kematian lainnya. Disini Edison setuju dengan syarat surat-surat mengenai cara pembuatan kursi tersebut dibakar, dan Namanya tidak boleh terlibat. Mereka pun mulai pembuatan kursi tersebut. Nama Westinghouse disinggung dalam pembuatan kursi tersebut, dan nama Westinghouse  menjadi buruk. Orang pertama yang mati karena tersengat listrik adalah William Kemmler dan surat kabar menyebut acara itu "Jauh Lebih Buruk daripada Menggantung". Westinghouse menyadari bahwa ia sedang di fitnah oleh Edison dan dia mencari cara untuk menemukan keterlibatan Edison. Akhirnya dia meneukan surat surat Edison yang nyatanya tidak di bakar dan mengungkapkannya kepada pers.

Setelah upaya yang gagal untuk menyerang sendiri, Tesla didekati oleh Westinghouse untuk bekerja bersama, dan membangun motor AC yang praktis. Edison semakin terpinggirkan dan JP Morgan menggabungkan Edison Electric menjadi General Electric . Sistem yang bersaing memuncak ketika mereka berdua mengajukan proposal untuk menerangi Pameran Kolumbia Dunia 1893 di Chicago. Samuel Insull menyajikan tawaran atas nama Edison, dan Westinghouse menyajikan tawarannya yang bersaing. Pekan raya yang diterangi cahaya terungkap. Westinghouse berhasil dengan penemuannya, dengan system yang lebih baik dan harga yang murah.

Di suatu tempat pameran, Westinghouse dan Edison bertemu sebentar. Edison membahas bagaimana rasanya mencapai penemuan hebat, dan menyarankan bahwa penemuan berikutnya ( Motion Pictures ) bisa jadi luar biasa sehingga orang mungkin lupa namanya pernah dikaitkan dengan listrik.

Film ini ditutup dengan adegan dimana Nickola Tesla menjelaskan tentang ide ide kita adalah peninggalan yang dapat memajukan kita.

4.    BEDAH FILM


Pada scene ini, tampak bahwa Edison telah menemui suatu penemuan baru, yaitu bola lampu dengan menggunakan arus listrik DC, yang lebih murah dan lebih bersih daripada lampu gas tetapi jangkauannya terbatas dan mahal. Dan Edison juga menemukan mesin bicara. Dalam scene ini dapat dilihat bahwa Edison berani memulai sebuah usaha baru, dan berani menunjukkanya kepada orang lain sesuai dengan teori dari (Krueger,1993) yaitu mengenai Syarat yang diperlukan untuk memulai usaha baru adalah Pertama , calon harus memahami bahwa memulai usaha baru dapat dipercaya atau diinginkan yaitu memiliki niat terhadap kewirausahaan. Kedua, pendiri harus memahami bahwa memulai usaha baru dengan percaya diri yaitu, mereka percaya bahwa mereka mampu secara pribadi untuk memulai usaha baru.


Edison terlihat percaya diri atas penemuannya sendiri dan merasa dia mampu untuk memulai sebuah perubahan, yaitu menerangi kota per kota dengan arus listirk DC miliknya.




Selanjutnya, pada scene di atas menurut Model berbasis niat yang dikemukaan oleh Bird dan Jelinek (1988) memecah keterampilan yang terkait dengan niat wirausaha menjadi lima aspek utama yaitu Menyusun sumber daya, Fokus fleksibel,  Kelincahan duniawi, Fleksibilitas perilaku, Mempengaruhi orang lain. Kelima aspek tersebut telah ada di scene diatas, dimana Edison telah mendedikasikan sumber daya yang ada (uang, penemuan, kerja keras, dll.) untuk hasil di masa depan terkait penemuannya.  Dia dapat memastikan bahwa kegiatan dan keputusan saat ini berkontribusi pada usaha di masa depan, dan dia dapat mempengaruhi orang lain untuk melaksanakan niat mereka.


Selanjutnya, pada scene di atas, Westinghouse terlihat tetap melanjutkan arus listrik yang dia buat, yaitu dengan menggunakan arus listrik AC. Disini dapat kita lihat bahwa Westinghouse memiliki komitmen. Seperti yang dikemukakan oleh (Festinger, 1964) bahwa Variabel penentu dalam memahami tindakan kewirausahaan dan kemunculan perusahaan yang sebenarnya pada seorang pengusaha. Menurutnya Keputusan yang secara langsung memengaruhi perilaku masa depan.

Dari beberapa scene dalam film ini dapat dilihat bahwa Edison, Westinghouse mereka memiliki niat yang kuat untuk menjalankan usahanya, yaitu penemuan terkait arus listrik AC dan DC, mereka terlihat bersaing, dan mereka sama sama ingin memperlihatkan hasil yang terbaik kepada banyak orang. Mereka berdua saling bersaing demi mencerahkan masa depan generasi selanjutnya.


5.    KESIMPULAN
The Current War, merupakan sebuah kisah tentang dua orang penemu yang berupaya menciptakan sistem kelistrikan yang dominan di dunia, Pada film ini terdapat penggambaran yang memuaskan dari salah satu revolusi ilmiah paling signifikan dalam sejarah. Kisah film ini akan diangkat dari kisah nyata perperang antara dua orang jenius, antara Thomas Alva Edison dan Nikola Tesla dan Westinghouse. Sebagai penemu yang memberikan kontribusi besar bagi dunia berkat temuannya, yaitu lampu pijar, Edison berpendapat bahwa arus searah (DC) adalah sistem yang lebih kuat. Akan tetapi Westinghouse dibantu oleh Nikola Tesla memiliki pendapat lain bahwa listrik berarus bolak-balik (AC) lah yang lebih unggul.

Mereka pun berperang antara ide dan gagasan, antara penemu arus listrik searah milik Edison dengan pemasok distribusi arus listrik bolak-balik milik Westinghouse. Mereka selalu berselisih, meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu mencerahkan masa depan generasi selanjutnya.

6.    PENUTUP
Kata "Perang" sebagai pusat dari film ini merupakan topik padat yang menuntut konteks historis bertahun-tahun dan dimana cerita sejarah tersebut ditanamkan dalam waktu sekitar satu setengah jam.

The Current War , walaupun agak padat, penyampaian bagian sejarah secara dinamis, lengkap dan mengasyikkan, meninggalkan penonton dengan akhir yang memuaskan yang tidak hanya menyelesaikan "perang" itu sendiri, tetapi juga merekonsiliasi karakter satu sama lain dan nilai-nilainya.

Oleh karena itu film ini layak untuk di tonton karena film ini membuat para penonton menjadi penuh perhatian dan menjadi terinspirasi untuk melakukan suatu hal yang baru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Review Ending Manga Nisekoi

Review Anime Joukamchi No Dandelion